Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Internet marketing merupakan sesuatu yang sedang trend belakangan ini, banyak sekali orang yang menggeluti bidang ini. Siapa pun yang mahir internet marketing maka bisa dipastikan ia akan merajai dunia bisnis online. Lalu bagaimana sih cara belajar internet marketing untuk pemula yang benar-benar masih sangat awam?

Untuk bisa menjalankan sebuah pemasaran melalui internet dalam hal ini menjual produk maupun jasa, maka penguasaan mengenai ilmu internet marketing sangatlah mutlak diperlukan. Untuk itu ketika siapa pun ingin menjalankan bisnis dengan menggunakan fasilitas internet, maka sudah saatnya untuk belajar internet marketing secara profesional.

Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Belajar Internet Marketing Untuk Pemula

Alamat Email Khusus

Sebagai pemula di dunia online ketika akan menjalankan bisnis online sebaiknya mulai dari dimilikinya email. Gunakan email yang secara khusus disediakan untuk menjalankan bisnis online. Tentu saja email yang digunakan disarankan menggunakan email dari google yaitu gmail.

Kenapa harus gmail? Salah satu alasannya adalah bisnis online yang mendominasi hari ini adalah masih google. Selain dari pada itu google masih dijadikan sebagai sumber informasi dalam segala hal termasuk untuk menjalankan bisnis online.

Dengan memiliki alamat email dari google maka anda akan bisa mengakses semua produk google yang akan dan sangat berhubungan dengan bisnis online yang akan anda jalankan ke depan.

Bagi yang belum memiliki email dari google (gmail) segeralah untuk membuatnya sekarang. Gunakan nama yang baik, bisa mencerminkan bisnis yang ingin dijalankan, bisa nama brand, bisa nama produk atau apapun namanya.

Rekening Bank

Tujuan dari pada menjalankan bisnis online adalah ingin mendapatkan income dari internet, benar demikian? Bila benar, maka fokuslah kepada hasil. Hasil dimaksud adalah uang. Yap betul sekali uang. Ketika menjalankan bisnis online tentu saja uang tidak akan diterima secara langsung hand by hand, akan tetapi akan diterima secara online. Oleh karena itu diperlukan wadah untuk menampung uang tersebut, yaitu rekening bank.

Dalam hal rekening bank, maka gunakan bank yang memiliki fasilitas internet banking. Dan kabar baiknya hari ini adalah hampir semua bank terlebih bank yang bersifat nasional telah memiliki fasilitas tersebut. BCA, BNI, MANDIRI, BRI dan bank lainnya bisa digunakan sebagai wadah untuk menampung uang hasil bisnis online.

Apabila belum memiliki rekening bank, buatlah segera. Dengan seratus ribu sudah bisa mendapatkan satu rekening bank berikut fasilitas yang diperlukan. Bagaimana kalau tidak punya rekening bank sendiri? Bisa gunakan rekening bank sodara, temen, dll. Tetapi disarankan untuk memilikinya sendiri.

Mulailah Mendulang Rupiah

Selain rupiah, tentu saja bisa mendulang dollar juga. Tetapi, fokus saja untuk mendulang rupiah. Lalu, bagaimana cara memulai mendulang rupiah tersebut, apakah diperlukan modal besar atau bisa tanpa modal? Jawabannya tergantung kepada jenis bisnis yang dijalankan.

Mau pakai modal ataupun mau tanpa modal semua kembali kepada Anda yang akan menjalankan bisnisnya. Kalau saya sendiri ketika pertama kali menjalankan bisnis online adalah dengan menjalankannya tanpa modal. Modal tanpa modal sama sekali, namun modal yang dikeluarkan sebatas untuk membuat rekening bank, belanja koneksi internet, bayar listrik, kopi, camilan dan sejenisnya. Selebihnya tidak ada tambahan modal lagi, karena semuanya telah disediakan secara percuma. Bahkan terkadang koneksi internet pun nyari yang gratis.

Lalu, apa yang selanjutnya harus dilakukan?

  1. Gmail sudah OKkah?
  2. Rekening Bank sudah OKkah?
  3. Koneksi Internet sudah OKkah?
  4. Komputer/Laptop sudah OKkah?

Loh, kok harus ada komputer/laptop? Ya iyalah!!!

Kalau semua sudah OK, maka sekarang tinggal memilih jenis bisnis online yang akan dijalankan dan menjalankannya sesegera mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top