Home | Informasi | Biaya Nikah Terbaru

Biaya Nikah Terbaru

biaya nikah terbaruBiaya Nikah Terbaru – anda ingin menikah? Sudah selayaknya mencari-cari informasi mengenai biaya nikah terbaru yang berlaku di negara ini, Indonesia tercinta. Meskipun bagi sebagian orang biaya nikah tidak menjadi masalah, tetapi lain halnya dengan calon pasangan miskin yang ingin segera melangsung pernikahannya.

Seperti yang dilansir tribunnews.com, Kementerian Agama (Kemenag) menargetkan revisi PP Nomor 47 Tahun 2004 tentang Biaya Pencatatan Nikah sudah bisa berlaku mulai bulan Maret 2014.

Hal ini dikatakan mantan Wakil Ketua KPK yang kini menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Agama, M. Jasin, dimana menurutnya saat ini masih dilakukan kajian mengenai usulan tiga tarif yang diusulkan Kementerian Agama.

Akhir Februari ini, (Rancangan PP nomor 47 tahun 2004) harus menjadi PP. Sehingga mulai Maret sudah bisa diimplementasikan di seluruh Indonesia,” kata Jasin di gedung KPK, Kamis (20/2/2014).

Sebelumnya, Kementerian Agama mengusulkan perubahan tarif dibuat menjadi multi tarif dan tidak single tarif. Multi tarif pencatatan nikah yang dimaksud ada tiga poin.

Usulan Biaya Nikah Baru

Pertama, bagi pasangan miskin secara ekonomi tidak dibebankan biaya nikah;
Kedua, pasangan yang menikah pada hari kerja dibebankan biaya Rp 50 ribu, dan;
Ketiga, bagi pasangan yang menikah diluar KUA dan diluar jam kerja akan dibebankan biaya Rp 600 ribu.

Jadi, bagi calon pasangan yang ingin melangsung akad pernikahan tidak perlu khawatir. Untuk informasi lengkap dan mendetail, silahkan untuk mendatangi kantor urusan agama (KUA) di kecamatan masing-masing.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top