Home | Informasi | Hari Raya Idul Adha Tahun 2014

Hari Raya Idul Adha Tahun 2014

Hari Raya Idul Adha Tahun 2014 – Kementrian Agama Republik Indonesia kembali akan menggelar sidang isbat dalam rangka menetapkan hari raya, tetapi sidang isbat kali ini bukan untuk menentukan hari raya idul fitri melainkan untuk menetapkan hari raya idul adha tahun 2014.

Pelaksanaan ibadah di hari raya idul adha tahun 2014 sekarang ini termasuk di dalamnya ibadah qurban, puasa hari ‘aropah, rupanya bakal terjadi perbedaan waktu antara ormas islam di Indonesia. Tetapi yang jelas, hari raya idul adha atau hari raya idul qurban tetap akan jatuh pada tanggal 10 Zulhijah setiap tahunnya.

Masyarakat di Indonesia tentu akan dibuat bingung dengan perbedaan seperti ini, pasalnya pada bulan Zulhijjah terdapat event yang sangat ditunggu-tunggu pada hari hari tertentu yaitu Puasa ‘Aropah. Kita semua tahu bahwa barang siapa yang melaksanakan puasa hari ‘Aropah maka akan diampuni dosa-dosanya 1 tahun yang telah lalu dan yang akan datang.

Bila saja perbedaan ini terjadi, maka puasa hari ‘aropahnya pun tentu akan berbeda pula. Tetapi, tidak usah bingung karena puasa hari ‘aropah itu dari zaman Rosululloh sampai hari kiamat nanti tetap dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijjah di setiap tahunnya.

Hari Raya Idul Adha Tahun 2014

Sebenarnya untuk menentuan Hari Raya Idul Adha Tahun 2014 cukup mudah, kita lihat dan perhatikan saja kegiatan dan prosesi ibadah haji, apabila pada tanggal 4 Oktober 2014 jamaah yang melakukan ibadah haji telah melakukan wukup di ‘aropah maka hari raya idul adha tahun 2014 akan jatuh pada tanggal 5 Oktober 2014 yang bertepatan dengan hari Ahad. Akan tetapi bila wukup di ‘aropah dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2014, maka pelaksanaan ibadah qurban di mulai pada tanggal 4 Oktober 2014.Hari Raya Idul Adha Tahun 2014

Lalu bagaimana yang ingin melaksanakan ibadah puasa ‘Aropah, kapan harus melaksanakannya. Caranya sama, kita lihat dan perhatikan saja informasi mengenai hari wukuf di ‘aropah, kapan terjadinya, bila tanggal 3 oktober maka silahkan puasa di hari itu, bila wukuf dilaksanakan pada tanggal 4 oktober maka berpuasalah di waktu itu.

Tetapi bagaimana pun, sebagai warga negara yang baik maka mari kita lihat dan perhatikan hasil keputusan kementrian agama Republik Indonesia mengenai penetapan hari raya idul adha 2014.

Perbedaan ini rahmat dari Alloh, janganlah dijadikan alat untuk bersengketa dan saling membenci antara satu dengan dengan yang lainnya. Mudah-mudahan para ulama di Indonesia bisa bersatu di kemudian hari demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai.

Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H / Selamat Hari Raya Idul Adha Tahun 2014 M

 

berbagi itu indah, mulia & menyenangkan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top