Home | Kesehatan | Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Selain digunakan sebagai lalapan dan bumbu masakan, ternyata Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan sangatlah banyak. Daun Seledri atau orang kadang menyebutnya juga dengan Daun Sop ini memiliki nama latin Apium graveolens. Daun Seledri sudah di kenal sangat lama di Peradaban dan tidak di ketahui secara pasti mengenai di mana tumbuhan ini berasal.

Konon di Indonesia sendiri tumbuhan Seledri ini masuk ke Indonesia dibawah oleh orang-orang Belanda pada zaman Penjajahan dahulu. Mereka menggunakan tumbuhan seledri ini sebagai penyedap sup, Oleh karena itulah banyak orang di indonesia kadang menyebut daun Seledri ini sebagai Daun Sup atau Daun Sop.

Akan tetapi selain untuk penyedap masakan ternyata daun seledri juga memiliki manfaat yang beragam untuk Kesehatan tubuh, mari kita simak Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan.

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

manfaat daun seledri untuk kesehatanSiapa sangka jika di balik daunnya yang hijau, daun seledri memiliki manfaat daun seledri untuk kesehatan yang luar biasa, salah satunya yang sering adalah kemampuan daun seledri untuk menambah jumlah air kencing. Artinya dengan mengkonsumsi daun seledri membuat kencing menjadi lancar. Dengan demikian bagi penderita susah buang air kencing cobanya mengkonsumsi daun seledri , baik itu secara langsung maupun dicampur bahan sayur sop.

Sudah pernah coba? Kalau belum cobalah.

Manfaat Daun Seledri lainnya diantaranya:

 

  • Seledri baik untuk dinding lambung dan saluran usus.
  • Memperlambat proses penuaan(menjaga kemudaan sel)
  • Menjaga kelenturan dan aktivitas otot
  • Mengobati asma
  • Mengobati diabetes
  • Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh
  • Melancarkan aliran darah
  • Menetralkan asam tubuh
  • Melindungi otak dan sistem saraf
  • Mengobati arthritis
  • Mengobati neuritis
  • Mengobati rematik
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menjaga berat badan
  • Dan lain-lain

Mengkonsumsi daun seledri sangatlah baik untuk kesehatan, begitu pula dengan jenis sayuran lain. Oleh karena itu mengkonsumsi sayur setiap hari sangatlah baik untuk tubuh badan manusia.

Selain dari manfaat secara umum diatas, berikut adalah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh. Orang jaman dahulu sering memanfaatkan daun seledri untuk berbagai keperluan. Yang paling umum dan sudah diketahui hampir semua orang yaitu manfaat daun seledri untuk menumbuhkan rambut.

Manfaat Daun Seledri Untuk Rambut

Bagian daun dan batang daun seledri mengandung berbagai macam antioksidan, mineral, protein, vitamin dan senyawa kimia poliasetilena yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti-jamur. Daun seledri biasanya digunakan sebagai masker rambut untuk merawat rambut agar tetap sehat berkilau dengan dicampur minyak kemiri ataupun minyak zaitun. Masker rambut daun seledri ini banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan rambut.

Berikut ini adalah manfaat daun seledri bagi kesehatan rambut.

1. Memberikan warna hitam alami pada rambut
Pewarnaan rambut sering sekali dilakukan oleh salon-salon kecantikan, akan tetapi cara yang aman untuk menghitamkan rambut salah satunya adalah dengan dengan daun seledri karenba daun seledri memberikan berbagai macam vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk mengembalikan kilau alami rambut Anda dan merawat rambut yang rusak.

2. Menyuburkan rambut
Daun seledri bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan menjaga kesuburan rambut agar tetap tampak tebal dan lebat. Kandungan protein nabati yang terdapat dalam daun seledrilah yang mampu mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhannya sehingga menjadi semakin subur.

3. Mengatasi ketombe
Timbulnya ketombe pada kulit kepala disebabkan oleh endapan kotoran akibat keringat berlebih yang akhirnya menjadi ladang tumbuhnya jamur. Daun seledri bermanfaat untuk menghilangkan ketombe yang ditimbulkan oleh jamur karena daun seledri mengandung zat anti-jamur dan anti-bakteri.

Untuk mendapatkan manfaat daun seledri seperti yang telah disebutkan diatas, Anda dapat merawat rambut dengan daun seledri melalui 2 cara .

Cara pertama: Merawat Rambut Dengan Daun Seledri
Siapkan 7 hingga 10 helai daun seledri yang masih segar kemudian cuci sampai bersih. Daun seledri yang telah dicuci bersih ditumbuk hingga halus dan gosokkan pada rambut sampai meresap ke dalam kulit kepala. Sebelum tumbukan daun seledri di gunakan sebaiknya rambut dibersihkan terlebih dahulu. Supaya tumbukan daun seledri meresap kedalam kulit kepala, pijat-pijat secara perlahan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bungkus rambut dan diamkan kira-kira 1 jam. Setelah itu bilas rambut sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan cara ini secara teratur satu minggu sekali.

Cara kedua: Merawat Rambut Dengan Daun Seledri
Ambil segenggam daun seledri kemudian cuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, angkat lalu pisahkan antara air dengan ampasnya. Campurkan air rebusan daun seledri dengan satu sendok makan cuka. Aplikasikan pada rambut Anda setelah rambut di cuci bersih atau keramas. Diamkan hingga kering, kemudian cuci lagi sampai bersih. Agar mendapatkan hasil yang baik untuk menjaga kesehatan rambut, gunakan cara merawat rambut dengan daun seledri ini secara teratur.

Manfaat Daun Seledri Untuk Ginjal

Menurut penelitian daun seledri mampu menjaga kesehatan fungsi ginjal. Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring darah sehingga tubuh anda tidak teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh, dapat mengatur volume darah sehingga dapat mempertahankan keseimbangan di dalam tubuh dan juga mampu mendaur air, mineral, glukosa dan juga gizi yang masuk ke dalam nefron lalu mengembalikannya ke peredaran darah.

Daun seledri memiliki kandungan tinggi vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Nutrisi yang terkandung di dalam seledri akan bekerja secara optimal ketika anda membuatnya menjadi jus. Natrium organik alami yaitu garam dalam seledri sangat aman untuk dikonsumsi dan sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Bahkan untuk anda yang mengalami gangguan dengan kestabilan darah seperti hipertensi masih aman untuk mengkonsumsi natrium yang terkandung di dalam seledri. Manfaat daun seledri selalu dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah, tetapi selain itu daun saledri juga dapat membantu anda dalam menjaga fungsi ginjal.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan daun seledri dalam menjaga fungsi ginjal:

 

  • Ambilah seikat daun saledri kemudian cuci hingga bersih.
  • Potong dalam ukuran kecil kemudian masukan ke dalam panci. Rebus selama sepuluh menit dan didinginkan.
  • Anda bisa mengkonsumsinya satu gelas setiap hari dan akan membantu anda untuk mengurangi racun yang menumpuk keluar di dalam air seni.

Studi terbaru menunjukkan bahwa daun seledri juga efektif dalam memerangi kanker. Daun seledri diketahui mengandung setidaknya delapan keluarga senyawa anti kanker. Diantaranya adalah acetylenics yang telah terbukti menghentikan pertumbuhan sel tumor. Asam fenolat yang menghalangi aksi prostaglandin yang mendorong pertumbuhan sel tumor. Dan kumarin yang membantu mencegah radikal bebas dari sel-sel yang merusak. Selain itu kandungan mineral yang terdapat di dalam seledri juga mampu menyeimbangkan pH di dalam tubuh dan menetralkan keasaaman.

Para atlet menggunakan daun saledri dan di konsumsi dengan cara di jus untuk menyempurnakan pasca latihan tonik karena menggantikan elektrolit yang hilang dan mencegah dehidrasi tubuh. Kandungan kumarin fitokimia yang terdapat di dalam seledri mampu mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus dan perut.

Selain itu seledri mampu menjadi efek pencahar alami seledri yang membantu untuk meringankan sembelit. Hal ini juga membantu mengendurkan urat saraf yang telah bekerja terlalu keras dalam pencernaanya.

Bagi anda yang bermasalah dengan suhu tubuh, anda dapat mengkonsumsi segelas jus seledri dua atau tiga kali sehari, di antara waktu makan. Hal ini akan sangat luar biasa karena bisa membantu untuk menormalkan suhu tubuh. Kandungan daun seledri yang dibuat jus dapat membantu mengontrol nafsu makan. Hal yang bermanfaat selanjutnya adalah efek diuretik dari  seledri yang membantu pemecahan dan penghapusan urin dan empedu.

Konsumsilah jus seledri secara teratur untuk hasil yang optimal dan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Seledri Untuk Batuk

Selain untuk kesehatan rambut, melancarkan air kencing ternyata daun seledri bisa juga digunakan sebagai Obat batuk. Anda dan anggota keluarga yang kerap menderita batuk dapat mencoba khasiat daun seledri ini.

Cara menjadikan daun seledri sebagai obat batuk sangat sederhana: Siapkan daun seledri yang masih segar dan masih utuh, (lengkap dengan batang dan akarnya), potong-potong secukupnya kemudian rebus dengan air 3 gelas sampai mendidih. Setelah mendidih saring airnya dan biarkan sampai dingin. Tambahkan madu secukupnya dan di minum dua kali sehari pagi dan petang.

Ternyata Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan sangat banyak sekali, selain manfaat yang telah disebutkan diatas, daun seledri juga bisa dimanfaatkan Bagi Penderita Hipertensi, Untuk Kecantikan, Menghaluskan Kulit Wajah dan lain-lain. Oleh karena itu, konsumsilah sayur dan tambahkan daun seledri pada sayur, konsumsilah setiap hari. Selain membuat sayur, daun seledri juga bisa di jadikan jus seledri dan di konsumsi.

Manfaat Daun Seledri Untuk Bayi

Selain digunakan sebagai bahan makanan yang dicampur dalam bubur bayi, biasanya para ibu menggunakan daun seledri untuk membersihkan kulit kepala bayi dari kotoran. Selain itu dimanfaatkan juga untuk membantu menumbuhkan rambut bayi supaya lebat dan sehat.

Demikian artikel tentang Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan, bila artikel ini bermanfaat silahkan untuk membagikannya kepada teman-teman anda di facebook, di twitter, di google+ atau di media sosial lainnya. Mudah-mudah ada manfaatnya bagi mereka yang memerlukan informasi ini.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top