Home | Kesehatan | Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai

Manfaat Susu Kedelai sangat banyak, kandungan gizi susu kedelai menjadikan susu kedelai banyak diminati anak-anak maupun dewasa. Terlebih dengan kualitas kedelai terbaik menjadikan manfaat susu kedelei akan terasa lebih.

Kalau biasanya kita familiar dengan susu hewani seperti susu kambing dan susu sapi maka, susu kedelai merupakan bentuk susu yang berasal dari tumbuhan atau dikenal dengan istilah nabati. Dengan melihat dari asalnya berarti susu kedelai jauh dari istilah lemak yang banyak terdapat dalam bentuk susu hewani.

Manfaat Susu Kedelai

Susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat susu kedelai untuk manusia:

Antioksidan
Susu Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.

Mengurangi resiko penyakit jantung
Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

Mencegah kanker
Isoflavon bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon seperti itu dari rahim, payudara dan prostat.

Membalikkan efek endometriosismanfaat susu kedelai
Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

Mencegah osteoporosis
Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.

Mengatasi gejala menopause
Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.

Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal
Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

Menjaga berat badan
Manfaat susu kedelai lainnya adalah bisa menjaga berat badan. Kandungan serat yang tinggi pada kedelai dapat berfungsi sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Pengguna Susu Kedelei

Orang cina merupakan pengguna kacang kedelai sebagai makanan yang pertama. Pada sekitar tahun 1100 SM, kacang kedelai telah ditanam dibagian selatan tengah Cina dan dalam waktu singkat menjadi makanan pokok diet Cina. Kacang kedelai telah diperkenalkan di jepang sekitar tahun 100M dan meluas keseluruh Negara – Negara Asia secara pesat. Kacang kedelai dikenalkan di Eropa sekitar taun 1500 M. Pada awal abad ke – 18, kacang kedelai telah ditanam secara komersial di Amerika Serikat.

Susu Kedelai Melilea

manfaat susu kedelaiKacang kedelai yang berasal dari Heilong Jiang di China, telah terkenal diseluru dunia dengan kualitas terbaik karena berasal dari lingkungan tanah yang subur dan air yang bebas polusi. Selain itu, iklim yang sesuai juga merupakan salah satu penyumbang terhadap kualitas kacang kedelai yang diproduksi di kawasan ini.

Susu kedelai melilea diproses dengan pembuatan yang unik dan kualitas kacang kedelai yang baik, sehingga nilai gizi dari kacang kedelai melilea tetap terjaga tanpa tambahan satu bahan pengawet.

Mata kacang dan kulit ari pada kacang kedelai melilea telah dipisahkan / dibuang karena kandungan tersebut dapat mengakibatkan kolesterol dan rasa langu. Hal ini yang membuat susu kedelai bubuk melilea lebih unggul dan lebih enak dibandingkan dengan susu kedelai lain dipasaran.

Pengobatan: Penderita penyakit maag, saat penyembuhkan penyakit diabetes, ginjal, anemia, rematik, diare, hepatitis, hipertensi, mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan menurunkan berat badan.

 

Melilea Susu Kedelai Cocok dikonsumsi:

  • Bayi: sangat sesuai bagi bayi yang mempunyai masalah sistem pencernaan dan alergi terhadap susu sapi.
  • Anak anak: Memberikan makanan yang bergizi untuk memperkuat daya ingat serta meningkatkan pertumbuhan badan.
  • Wanita Hamil: membantu memberikan gizi yang mencukupi serta kalsium dan protein baik untuk Ibu maupun bayinya.
  • Remaja dan Dewasa: Membantu menurunkan kolesterol serta memberikan gizi yang diperlukan.
  • Lanjut Usia: Membantu menghasilkan tenaga dan meningkatkan kesehatan secara umum

Keunggulan dan Manfaat Kandungan Susu Kedelai Melilea

Protein Tumbuhan

Setiap 100 gram Susu Kedelai Bubuk Melilea mengandung 23 gram protein.
Mengandung 22 jenis asam amino, termasuk asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.
Omega 6 dan omega 3.
Protein Disgestibility Amino Acid Score (PDCAAS) = 1.0.

Isoflavon

Sejenis phytonutrien yang strukturnya sama dengan struktur estrogen

Setiap 100 gram Susu Kedelai Bubuk Melilea mengandung 23 gram protein.
Mengandung 22 jenis asam amino, termasuk asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh.
Omega 6 dan omega 3.
Protein Disgestibility Amino Acid Score (PDCAAS) = 1.0.

Mineral

Kalsium, magnesium, zat besi, potassium, fosfor, selenium, dan zink. Kalsium membantu meningkatkan kekuatan tulang serta mencegah osteoporosis.
Selenium adalah antioxidan yang membantu kita mengoksidasi lemak dari sel tubuh.

Lesitin

Menurunkan LDL.
Mengurangi risiko serangan jantung dan tekanan darah tinggi.
Menguatan sel tubuh.
Membantu dalam perkembangan sel otak.

Saponin

Mengurangi pengumpulan radikal bebas yang menyebabkan risiko kanker. Dalam satu butir biji kacang kedelai mengandung Karbohidrat 15 %, Protein 38 %, Asam Lemak Tak Jenuh 18%, Vitamin B dan D, Mineral, Kelembaban (air) 10%, Serat (fiber) 15%, Bahan Bioaktif.

TANYA JAWAB SEPUTAR SUSU KEDELAI MELILEA

1. Apa sebenarnya manfaat dari soya?

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa soya dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, osteoporosis, kanker, kelebihan berat badan dan menopose dini. Soya mengandung berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, yodium, potassium, selenium, zin, dan lain sebagainya.

Soya dan penyakit jantung – Terdapat berbagai bukti laporan ilmiah yang menemukan bahwa kandungan mineral di dalam soya yaitu Isoflavon dapat mengurangi kadar kolesterol LDL dan dengan sendirinya dapat mengurangi resiko penyakit jantung, penyakit yang menjadi pembunuh nomor 1 di dunia ini.

Soya dan Menopause – Beberapa uji klinis menunjukkan bahwa beberapa wanita yang memasuki proses menopause merasakan berkurangnya gejala tidak menyenangkan dari proses menopause dengan mengkonsumsi makanan mengandung soya secara rutin, selain itu konsumsi soya juga akan membantu melindungi tulang dari proses pengeroposan.

Soya dan Kanker – Beberapa studi terhadap penyakit melihat bahwa kandungan anti oksidan dan isoflavon yang terdapat didalam kacang soya memiliki peranan penting dalam menurunkan resiko terhadap penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker uterus dan kanker usus besar.

Manfaat kesehatan tambahan dari Soya – Terdapat beberapa potensi akan manfaat kesehatan yang didapat dari soya, termasuk didalamnya mengurangi proses penuaan dini, penyakit alzheimer’s dan juga kandungan lesitin didalam kacang soya yang sangat membantu menguatkan fungsi kerja otak.

2. Apa perbedaan antara MELILEA Organic Soya Drink dan Susu Soya yang biasa ditemui di pasaran?

MELILEA Instant Soya bean terbuat dari kacang Soya Organik yang diperoleh dari kawasan Timur Laut Cina yang terkenal akan pertanian soyanya. Minuman ini terbuat dari Soya murni, tanpa zat perasa, pewarna, maupun zat tambahan lainnya. Rasanya nikmat dan tidak terlalu manis.

3. Apa Itu Isoflavon (Phytoestrogen) ?

Isoflavon adalah sejenis phytonutrisi yang banyak terdapat di kacang kedelai maupun produk-produk dari kacang kedelai lainnya. Isoflavon terdiri dari 2 jenis, Daidzein dan Geinistein. Struktur Kimia isoflavon sangat mirip dengan estrogen, dan estrogen memegang peranan penting dalam menstabilkan kerja hormone. Salah satu manfaatnya adalah mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan kekurangan hormone seperti menopause dini, osteoporosis dan meningkatnya tingkat triglyceride. Dalam salah satu studi penelitian menunjukkan bahwa orang Asia, khususnya orang Jepang, merupakan masyarakat yang memiliki resiko yang sangat kecil terhadap penyakit kanker payudara, penyakit jantung, dan menopause dini, dibandingkan dengan masyarakat keturunan Eropa. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh kebiasaan makan produk yang mengandung soya.

4. Apa itu Lesitin?

Soya Lecithin (Lesitin Soya) adalah istilah yang diambil dari bahasa Yunani (Lekithos). Lesithin soya tidak mengandung kolesterol, dan merupakan bahan yang sangat penting yang dapat digunakan untuk menstabilkan tingkat kolesterol dengan cara meningkatkan jumlah HDL dan menurunkan tingkat kolesterol LDL didalam darah. Kondisi ini dapat mengurangi resiko terjadinya serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung lainnya. Lesithin dapat menguatkan fungsi sel tubuh, dan membantu pertumbuhan sel otak, mencegah penuaan dini dan penyakit Parkinson.

5. Apa itu Kalsium?

Kalsium adalah sejenis Makro Nutrisi yang sangat penting untuk tubuh manusia. 99% kalsium terdapat di tulang dan 1% terdapat di bagian peredaran darah, cairan membrane dan struktur sel membrane yang sangat penting untuk menjaga kestabilan aktivitas sel. Kalsium akan berubah manjadi “Konduktor” pada sistem saraf, membantu pergerakan kontraksi otot, mekanisme pengentalan darah, aktifitas hormonal, gerakan peristaltic usus besar dan juga menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekurangan konsumsi kalsium akan membuat terkeluarnya zat kalsium dari tulang dan gigi kedalam darah, dan menyebabkan terjadinya osteoporosis. Untuk itu, mengkonsumsi cukup kalsium sangat penting bagi anak kecil, wanita hamil dan manula.

6. Apakah MELILEA Soya Drink mengandung cukup?

Ya. Didalam setiap takaran saji MELILEA Instant Soya bean mengandung 40 mg kalsium.

7. Bolehkah wanita hamil mengkonsumsi MELILEA Soya bean Powder?

Wanita hamil membutuhkan 65g protein setiap harinya. Protein, dengan kandungan intinya yaitu nitrogen, adalah zat yang tidak hanya dibutuhkan bagi pertumbuhan bayi, namun juga sangat penting bagi pertumbuhan rahim si ibu, kelenjar mammary dan plasenta; meningkatkan volume peredaran darah bagi si ibu; dan membentuk juga menjaga cairan mammary dan air ketuban yang penting pada saat proses melahirkan. Melilea Soyabean Powder juga mengandung beberapa jenis nutrisi penting seperti Vitamin B, Vitamin C dan serat yang sangat penting saat proses pemberian ASI. Selain itu, beberapa jenis asam lemak essensial dapat bermanfaat untuk pembentukan otak janin dan pembentukan saraf melalui asupan jenis vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E,K kedalam sel tubuh.

8. Apakah Soya Bean lebih aman dan sehat dikonsumsi untuk bayi dan anak kecil dibandingkan susu sapi?

Untuk Bayi: Kami menyarankan para ibu untuk memberikan ASI kepada para bayinya. Selain bagi bayi berusia 6 bulan keatas, Susu Soya juga sangat tepat digunakan sebagai alternatif sumber nutrisi bagi pertumbuhan anak kecil. Dibawah ini adalah kondisi dimana kami sangat merekomendasikan penggunaan susu soya. Kondisi dimana tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dari susu sapi atau ASI
Bayi yang memiliki masalah Laktosa Intolerant (Alergi Laktosa), Keluarga yang menganut Vegetarian, Namun kami tidak merekomendasikan penggunaan Susu Soya Bayi yang lair dengan bobot yang kurang (kurang dari 1.8 kg)

9. Saya alergi terhadap susu sapi. Dapatkah saya mengkonsumsi susu soya?

Mereka yang memiliki alergi terhadap susu sapi dapat menggunakan susu soya karena protein didalam susu sapi berbeda dengan protein yang ada didalam susu soya. Alergi protein dari susu sapi terjadi karena tubuh menganggap protein dari susu sapi adalah “benda asing” didalam tubuh kita, dan dalam proses perlawanannya, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak histamine dan ini dapat berakibat pembengkakan pada pembuluh darah yang menghasilkan reaksi alergi.

10. Apakah protein soya lebih baik dari protein dari daging? Mengapa?

Protein Soya dapat lebih baik dari protein hewani karena protein soya mengandung Asam Amino lengkap. Didalam protein soya terdapat 22 macam asam amino ( selain methionine da n cystein), termasuk didalamnya 8 jenis essensial asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Protein Soya mencetak angka 1.0 untuk penilaian dengan menggunakan metode PDCAAS. PDCAAS adalah ukuran standar untuk menilai kualitas protein. Tidak seperti protein hewani yang biasanya mengandung kolesterol, protein soya merupakan protein terbaik bebas kolesterol yang sangat tepat untuk manusia.

11. Bolehkah seorang penderita asam urat, encok dan arthritis mengkonsumsi MELILEA Organic Soya Drink?

Menurut hasil studi, purine bukanlah faktor utama penyebab Arthritis dan encok. Makanan tinggi kalori dan obesitas-lah yang merupakan faktor penyebab utama terjadinya Arthritis dan Encok. Lebih jauh lagi, sebagian besar makanan dari tumbuhan seperti kacang-kacangan, tahu, rumput laut dan ragi mengandung purine yang jauh lebih rendah dibandingkan purine yang terdapat pada seafood dan daging. Sebagian besar purine yang terdapat didalam kacang-kacangan dapat dihancurkan dengan proses pemanasan, untuk itu bagi pasien Arthritis dan Encok jika dapat mengontrol penggunaan produk soya dalam tingkat yang masih aman, maka tidak akan menimbulkan masalah apapun.

12. Apakah Phytoestrogens dapat menimbulkan masalah ketidak-seimbangan hormone didalam tubuh pria?

Tidak. Phytoestrogen adalah hormone alami yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan; yang sangat berbeda dengan jenis obat-obatan hormone. banyak penyebab terjadinya ketidak-seimbangan hormone, seperti: Efek penuaan, Polusi lingkungan, Makanan, Tingkatan estrogen yang terlalu tinggi

13. Apakah kacang soya dapat menimbulkan kelebihan gas pada lambung?

Kelebihan gas didalam perut hanya dapat terjadi jika kita mengkonsumsi kacang soya mentah. Pengolahan susu soya biasanya menggunakan metode pemasakan dan pasteurisasi agar dapat membunuh bakteri juga membuang bahan-bahan yang tidak diperlukan. Tidak ada bukti ilmiah yang pernah melaporkan bahwa dengan minum susu soya dapat menyebabkan kelebihan gas di perut. Yang terjadi adalah susu soay memberikan efek mengenyangkan juga mengurangi keinginan akan gula.

berbagi itu indah, mulia & menyenangkan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top