Home | Internet Marketing | Panduan Bisnis Online

Panduan Bisnis Online

Sekedar Bertanya!!!

Apa betul dengan Internet kita bisa menghasilkan uang?

Jawabannya: YA BETUL SEKALI

Lalu Bagaimanakah Caranya?

Bagaimana Cara Memulainya?

Bagaimana cara menjalankan bisnis online tersebut?

Cara memulai sebuah bisnis online itu sebenarnya mudah saja, namun setelah memulai kita harus fokus pada jalur supaya bisnis online yang dijalankan tetap bisa menghasilkan itu yang sulit. Namun disini saya akan menjelaskan sedikit mengenai bagaimana langkah-langkah pasti supaya dapat mengalirkan uang ke dalam rekening bank anda sesegera mungkin. Cara yang akan disampaikan disini merupakan salah satu cara dari sekian banyak cara yang dilakukan orang-orang ketika menjadikan internet sebagai ladang penghasilan.

Disclaimer: Penghasilan yang didapatkan setiap orang tentu akan berbeda-beda. Panduan ini hanya memberikan gambaran mengenai bagaimana cara mulai menjalankan bisnis online. Setiap orang dapat menghasilkan uang banyak atau sedikit, bahkan tidak sama sekali. Kesuksesan dalam menjalankan bisnis online adalah semata-mata merupakan hasil dari kerja keras, waktu dan banyak faktor lain yang saling mempengaruhi. Tidak ada pernyataan garansi apapun bahwa anda akan mendapatkan penghasilan dari internet karena seluruhnya terserah kepada Anda yang melakukan dan Alloh yang Maha Mengatur.

Simak dan lakukan dengan benar apa yang telah dilakukan para jutawan di internet.

Baca dengan seksama kata perkata dalam halaman ini untuk menentukan langkah berikutnya, LAKUKAN 2 KALI ATAU LEBIH, BACA DAN KEMUDIAN JADIKAN PANDUAN PRAKTIS ANDA.

Bagi sebagian dari Anda tentu saja mungkin pernah mempelajari hal-hal seperti ini, yaitu bagaimana cara melakukan dan menjalankan bisnis di dunia maya. Tapi sudahkah Anda mempraktekan segala macam teori yang pernah Anda dapatkan dari berbagai macam sumber informasi tersebut? Hari ini adalah saatnya melakukan ACTION untuk segera mencapai semua Impian yang selama ini Anda idam-idamkan.

Dalam tulisan panduan bisnis online ini saya tidak akan terlalu dalam membahas teori-teori yang malah akan membuat anda menjadi pusing 7 milyar keliling. Saya akan memberikan langkah-langkah praktis kepada anda supaya bisa praktek langsung kepada inti pokok bahasan. Yaitu DO ACTION or Don’t (sama sekali).

Teori memang penting, berpikir memang penting, tapi terlalu banyak teori dan terlalu banyak berpikir akan berpengaruh buruk terhadap hasil yang diinginkan. Mengapa demikian, karena terlalu banyak berpikir, menimbang sana sini, memikirkan resiko yang akan dihadapi, berpikir akan untung atau rugi, bagaimana kalau begitu, bagaimana kalau begini, tentu saja itu akan menjadi penghalang untuk memulai dan melangkah dalam meraih kesuksesan dan juga akan membuang waktu anda menjadi sia-sia.

Dengan mendapatkan panduan digital ini maka sekaranglah saatnya untuk tidak terlalu banyak berpikir yang bukan-bukan, tidak usah berpikir anda akan rugi, hilangkan semua pikiran buruk yang selalu menjadi penghalang kesuksesan anda, mulai saat ini tanamkan selalu pikiran positif kedalam diri anda, tambahkan rasa optimis dan  perasaan bahwa anda adalah orang yang akan sukses berikutnya.

Ayoooo Lakukan Sekarang….!!!

Lakukan dengan tekun, serius dan penuh optimis….!!!

Lakukan untuk masa depan yang lebih baik….!!!

Semoga kita semuanya selalu dalam keadaan sehat dan sukses! Karena kesehatan dan kesuksesan merupakan Anugerah dari Alloh SWT maka syukurilah semuanya dan lakukan bisnis apapun dengan fokus fokus dan fokus.

Sebelum meneruskan membaca panduan ini, mari kita terlebih dulu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mencurahkan segala rahmat dan hidayah-Nya kepada kita sekalian.

Oya panduan ini saya terbitkan bukan untuk menyaingi panduan sejenis lainnya, tapi karena panduan ini memang beda dari panduan manapun juga. Anda bisa benar-benar belajar bagaimana cara melakukan bisnis di internet dengan nyata dan lebih terarah, mulai dari awal dan dasar sekali.

Sudah banyak orang mengetahui bagaimana melakukan suatu bisnis di Internet, banyak pula orang-orang sudah berhasil dengan mengantongi banyak “dollar” maupun “rupiah”. Kita tahu ketika surfing dan membaca website, banyak sekali orang-orang membuat testimoni yang menggetarkan hati, dan saya yakin anda mempunyai hasrat dan keinginan untuk bisa seperti mereka, tapi saya yakin ada satu pertanyaan yang mengganjal dalam dada “Bagaimana caranya, bagaimana mereka bisa mendapatkannya, uang yang sangat banyak itu”.

Panduan Bisnis Online

Mmhhh… Anda boleh percaya boleh tidak, memang testimonial mudah dibuat-“buat”, tapi tidak bisa saya pungkiri, banyak orang yang memang betul-betul sukses dan berhasil dengan melakukan bisnis di internet.

Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan peluang dari internet sebagai media informasi global. Tapi banyak orang kebingungan bagaimana cara memulainya. Atau bahkan anda sudah memulainya tapi sampai saat ini tidak pernah berhasil alias anda tidak pernah mendapatkan apa-apa.

Anda yang sudah membeli ebook, script dan lain-lain dengan sangat banyak, tentu saja tidak dengan sedikit uang, namun sampai saat ini anda belum mendapatkan apa-apa seperti apa yang anda impikan. Karena masalahnya adalah anda masih bingung bagaimana cara memulainya. Saya yakin hampir semua ebook yang anda beli hanya sedikit yang bisa menjelaskan secara gamblang langkah demi langkah yang seharusnya anda lakukan untuk mendapatkan income pasif yang anda impikan.

Dengan media yang sangat luas dan mempunyai pangsa pasar yang sangat luas pula, menjadikan peluang ini sangat besar sekali. Hampir semua orang di seluruh dunia bisa mengakses internet, jadi gambarannya “apabila anda mempunyai toko yang mempunyai cabang di seluruh dunia, maka potensi penghasilan akan semakin besar, karena banyaknya orang yang paling tidak datang dan melihat-lihat barang yang ada di toko anda”.

Sebelum melanjutkan pada inti pokok pembahasan, saya sedikit akan memberitahu anda mengenai tujuan isi dari tulisan ini. Tulisan ini saya terbitkan khusus sebagai panduan bisnis online yang sebentar lagi akan anda praktekan. Jadi saya hanya akan membahas pokok pembahasan dan tidak akan banyak berbelit-belit kepada hal-hal yang sesungguhnya tidak akan anda butuhkan.

Panduan Bisnis Online

Saya menyarankan, tuntaskan dulu membaca artikel ini dengan seksama, setelah anda betul-betul paham silahkan melangkah ke sesi berikutnya yang telah direkomendasikan.

…Mulailah Konsentrasi…

Sebuah pertanyaan dulu untuk Anda…

  • Anda tidak usah menjawabnya, tapi cukup dengan merenungkannya dengan bijak. Apakah yang selama ini anda lakukan telah sesuai dengan prosedur atau memang masih jauh dari track yang seharusnya?
  • Apakah Anda seorang pebisnis online?
  • Sudahkah anda menjalankan langkah-langkahnya dengan benar?

Atau anda hanya menjadi seorang kutu loncat yang tidak konsen pada satu bisnisan? Apakah anda sudah menemukan apa yang anda cari selama ini?

Mulai saat ini, STOP dan FOCUS..!!!

Hentikan pekerjaan anda untuk berpindah-pindah mencari peluang bisnis dari satu sumber bisnis ke bisnis yang lain kalau pada akhirnya anda hanya akan menjadi stress, dan hal itu akan membuat anda frustasi. Coba anda hitung, sudah berapa uang yang anda keluarkan, sudah berapa banyak waktu yang anda korbankan sia-sia untuk semua itu. Yang paling penting “kapan anda akan menemukan apa yang anda inginkan selama ini”.

Belakangan ini banyak sekali program-program yang menawarkan kepada kita untuk meraih keuntungan sebanyak-banyaknya tanpa bekerja keras, iming-iming yang di tawarkan sangat menggiurkan, banyak orang yang terjebak dengan bunga yang tidak rasional. Masyarakat berduyun-duyun menginvestasikan (itu istilah mereka) uang mereka sampai berpuluh-puluh juta bahkan beratus-ratus juta, yang pada akhirnya menyesal karena uangnya amblas tak berbekas.

Mungkin anda berpikir dengan menginvestasikan banyak uang dan menghasilkan umpan balik yang tidak rasional melebihi bunga bank, anda akan menjadi kaya? Jangan pernah bermimpi untuk mencari kekayaan dengan cara seperti itu, memang pada awalnya semuanya manis, satu bulan, dua bulan, tiga bulan semuanya baik-baik saja, bonus mengalir dengan lancar, ketika itu anda semakin optimis untuk menambah nilai investasi anda demi keuntungan yang lebih besar lagi. Tapi sesungguhnya, disanalah titir nadir kebangkrutan anda, anda mulai memasuki rentang waktu kebankrutan financial anda.

Apakah anda akan selamanya seperti itu? Terjebak dalam perangkap yang tidak seharusnya anda lakukan.

Sedikit evaluasi seperti di atas sangat diperlukan agar anda tidak terlena dengan semua yang tengah anda lakukan saat ini, harus diingat apakah anda sudah menemukan jalan yang tepat untuk menggapai semua impian anda selama ini.

Okay… itu hanya sedikit cerita yang sedikitnya patut kita renungkan. Karena inti pembahasan dalam panduan ini adalah untuk memandu anda untuk melakukan bisnis online.

Sebuah Persiapan . . .

Bisnis yang dilakukan di dunia maya ini memang sangat beragam, peluang pasarnya pun sangat luas karena mencakup seluruh dunia, dimana ada internet di situ bisa terjadi sebuah bisnis online. Target pemasaran yang luas itu membuat bisnis yang kita kelola mempunyai peluang yang sangat luas. Beda dengan bisnis offline yang hanya terbatas pada satu wilayah, kota atau paling luas negara. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis online akan jauh lebih murah dibanding dengan bisnis offline.

Inti dari bisnis online yang dilakukan melalui media internet sangat dikenal dengan Internet Marketing, begitulah istilahnya. Begitu banyak orang di dunia yang sudah melakukan bisnis seperti ini mungkin salah satunya termasuk anda. Tapi apakah anda sebagai orang Indonesia khususnya sudah melakukan bisnis online dengan benar dan menghasilkan apa yang cita-citakan?

Untuk melakukan sebuah bisnis online memang memerlukan mental yang kuat dan pantang menyerah. Jangan katakan dengan internet anda bisa mendapatkan uang dengan gratis. Jangan menganggap anda bisa melakukan bisnis di internet dengan mudah apalagi kita orang Indonesia. Banyak orang bilang, dengan internet kita bisa mendapatkan uang dengan mudah tanpa mengeluarkan modal sedikit pun alias gratis, semuanya hanya omong kosong belaka. Coba anda renungkan, sudah berapa biaya yang anda keluarkan selama ini untuk mencari informasi seperti yang tengah anda baca sekarang ini, apakah anda menggunakan internet dengan gratis? Saya rasa tidak demikian. Walaupun anda hanya mengeluarkan biaya warnet 5000 rupiah per jam misalnya, tapi tetap itu kan namanya biaya yang harus anda keluarkan, alias tidak gratis.

Jadi dalam hal ini diperlukan banyak persiapan untuk bisa melakukan sebuah bisnis baik, itu bisnis offline yang biasa dilakukan orang-orang ketika menjual kue donat kewarung-warung atau pun bisnis online. Sebuah bisnis memerlukan pengelolaan extra, begitu pun dengan bisnis online.

Yang perlu anda siapkan untuk memulai sebuah bisnis online memang tidak sedikit, tapi yang paling penting otak, kemampuan serta kemauan dan ketekunan yang akan membuat seseorang berhasil dalam bisnisnya.

Open Your Minds

Hal dasar penting yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah POLA PIKIR.

Apakah itu?

Inilah yang membedakan antara orang optimis dan orang pesimis, orang sukses dan orang gagal, orang besar dan orang kecil. Semua orang dalam mengambil sebuah keputusan pasti akan berbeda-beda, begitu pun dengan Anda. Apakah anda termasuk orang sukses yang gigih dan pantang menyerah atau termasuk orang gagal yang selalu pesimis. Orang sukses selalu melihat masalah sebagai sebuah tantangan dan peluang, mereka bisa melihat semua masalah yang dihadapinya adalah bagian terkecil mereka, karena mereka yakin masalah sebesar apapun tidak akan lebih besar dari kehebatan dirinya, artinya masalah bagaimana pun pasti bisa diselesaikan, karena mereka mempunyai rasa percaya dan optimisme yang tinggi. Berbeda dengan orang gagal yang bila dihadapkan pada suatu masalah dia akan menjadikan masalahnya itu sesuatu hal yang harus dihindari.

Begitu pun dalam hal berbisnis di dunia maya, orang sukses akan selalu berpikir bahwa dunia maya bisa menghasilkan, orang sukses selalu melihat internet dari sisi baiknya, orang sukses selalu bercermin kepada pengalaman orang, orang sukses tidak pernah menganggap remeh orang lain meskipun umur mereka dibawah mereka, orang sukses selalu menghormati setiap pendapat/ide dari orang lain meskipun menurut kita ide itu buruk, orang sukses selalu optimis bahwa masa depannya akan lebih baik, dan lain sebagainya.

Oke… saya rasa saya tidak akan terlalu dalam membahas POLA PIKIR atau cara berpikir orang-orang sukses, karena kita akan segera membahas langkah jitu berbisnis online. Tetapi bila anda memang ingin tahu lebih banyak mengenai POLA PIKIR orang-orang sukses, anda bisa membaca banyak buku seperti Rich Dad Poor Dad Karya R.T. Kiyosaki, Berpikir dan Berjiwa Besar Dan lain-lain.

3 Hal Mendasar

Bila anda telah menemukan panduan cara menjalankan bisnis online ini berarti anda telah menemukan sebuah kunci. Kunci ini yang akan membuka dan menguak rahasia dibalik pintu. Bila saja kunci yang sedang anda pegang ini adalah kunci mobil, maka anda sudah siap berangkat kemana pun. Namun tentu saja sebelum anda berangkat anda harus menentukan kemana anda hendak pergi.

Tujuan dan Target adalah hal penting yang harus dirancang terlebih dahulu. Tanpa arah Tujuan yang jelas saya yakin siapa pun orang pasti akan bingung untuk berjalan.

Begitu pun dalam berbisnis online, minimalnya ada 3 hal mendasar yang sangat penting yang harus anda lakukan untuk melakukan bisnis online.

  1. Menentukan Target
  2. Mengambil Tindakan
  3. Melakukan Evaluasi

Ketiga hal itu penting, dan harus menjadi perhatian extra khusus.

Menentukan Target

Setelah anda berhasil memegang kunci kendali dan siap melakukan perjalanan, maka tentukanlah target yang akan dituju. Ini penting karena dengan target tersebut anda bisa mencari jalan termudah dan terdekat yang akan dilalui untuk menuju target tersebut. Persiapkan secermat mungkin peta jalur yang akan dilalui, karena pasti disana anda akan menemukan rintangan, halangan, cobaan, bukit terjal, gunung yang menjulang, hutan rimba yang menyeramkan, lautan yang luas, sungai dengan air yang deras, binatang buas, perampok, dan lain-lain. Selain itu anda harus menyiapkan kondisi fisik dan mental yang extra karena perjalanan yang akan anda tempuh.

Dalam melakukan bisnis online target yang harus anda raih adalah keberhasilan dan kesuksesan. Masa depan cerah tentu adalah tujuan utama anda.

Bukankah kebebasan waktu adalah yang anda inginkan. Kebebasan Finansial adalah tujuan anda yang harus anda dapatkan secepatnya.

Ketika mulai melakukan ACTION, tentu saja sebuah target spesifik juga harus anda siapkan. Artinya action apa yang harus anda tempuh.

Oke… begini…

Banyak sekali orang yang telah menikmati kesuksesan melalui bisnis online, cara yang ditempuhnya pun bermacam-macam. Lihat saja para pebisnis online dunia, seperti Joel Comm dengan Google Adsensenya, Derk Gehl dengan Internet Marketingnya, Ewin Chia dengan bisnis Affiliasinya, Fabian Lim, Matt Callen, Patric Chan, Stephen Pierce and Alicia Pierce, Brad Callen dan lain-lain, mereka itu pebisnis online international.

Bagaimana dengan orang Indonesia? Apakah ada yang sudah berhasil?

Banyak, banyak sekali orang Indonesia sudah merasakan nikmatnya berbisnis online, diantaranya Anne Ahira, Agus PiranhamasDarmawan, Sugeng, Maulana MalikMaxmanroe, Isparmo, Suyadin Laoddang, Ayatullah Fadh, Muhamad Gunarsah, dan banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu dan mari belajar dari mereka yang telah sukses.

Mereka orang-orang sukses di bisnis online telah menentukan arah yang tepat untuk meraih target yang diinginkan. Mereka telah berhasil membangun asset dan asset itu akan selalu bekerja untuk mereka dalam mendatangkan uang setiap waktu secara autopilots.

Setelah mendapatkan banyak teori tentang bagaimana cara berbisnis di internet secara online, anda tentu saja harus mempraktekannya. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk memulai membangun bisnis online?

Dengan sebuah panduan sederhana inilah anda akan mendapatkan penjelasan rinci berikut tools untuk berbisnis di internet.

Bisnis Online Versus Bisnis Offline

Bisnis online atau sering orang menyebutnya bisnis internet sebenarnya sama dengan bisnis offline yang banyak dilakukan orang banyak. Dalam Bisnis offline atau bisnis tradisional orang-orang menjual atau membeli produk barang, jasa secara langsung bertatap muka antara penjual dan pembeli. Namun berbisnis online tidak diperlukan pertemuan secara langsung antara penjual dan pembeli.

Kalau disimpulkan perbedaannya bisa seperti ini:

Bisnis Offline Bisnis Online
·        Modal/Investasi besar

·        Memerlukan Lokasi Strategis

·        Biaya Overhead tinggi

·        Lokasi terbatas

·        Ekspansi lambat

·        Perlu pegawai

·        Pembayaran dilakukan dibelakang dan tidak selalu cash

·        Terikat jam kerja

·        Resiko besar

·        Dikerjakan langsung

·        Modal/Investasi relatif kecil

·        Tidak perlu sewa tempat

·        Biaya pemeliharaan sangat kecil

·        Langsung tersebar ke seluruh dunia

·        Ekspansi sangat cepat

·        Tidak membutuhkan pegawai

·        Pembayaran selalu cash dan dilakukan diawal

·        24 x 7 x 365, bisa kapan saja.

·        Resiko kecil

·        Dikerjakan secara autopilots

Uniknya sebuah bisnis online adalah ketika anda menjalankan bisnis pada beberapa jenis bisnis online anda tidak usah selalu hadir untuk mengurus bisnis anda itu bahkan tanpa harus memiliki pegawai. Karena dia akan bekerja sendiri untuk anda, meskipun anda tertidur sekali pun. Dengan cara ini anda masih tetap memiliki bisnis atau pekerjaan lain dan berpeluang mendapatkan penghasilan dari bisnis online. Namun fokus tetap yang terbaik.

Ketika transaksi terjadi pun, anda tidak usah berhadapan langsung dengan calon pembeli anda, karena semuanya sudah ditangani oleh sekretaris pribadi anda yang akan senantiasa loyal kepada anda dengan bekerja siang malam selama 24 jam penuh tanpa harus menggaji mereka dengan biaya tinggi. Dengan menjalankan bisnis online berarti anda sudah menerapkan metode passive income.

Bila anda telah melihat bahwa bisnis online ini cocok untuk anda, lalu bisnis apakah yang cocok untuk anda jalankan?

Kekuatan Ide

Ketika anda hendak mulai melakukan bisnis konvensional tentu saja setelah anda menemukan sebuah ide anda harus mengimplementasikan ide tersebut dengan disertai variabel biaya yang sangat besar, mencari tempat strategis, membuat/mencari produk untuk dijual, mempromosikan bisnis dan lain sebagainya. Penampilan fisik merupakan nilai tambah yang luar biasa dalam bisnis konvensional.

Namun dalam bisnis online kekuatan ide adalah nomor satu, bahkan dalam bisnis online hobby anda bisa dituangkan menjadi sebuah Peluang yang menjanjikan. Lalu apakah melakukan bisnis online hanya menjual produk. Jawabnya tentu saja tidak, semua yang dilakukan oleh bisnis konvensional bisa dilakukan di bisnis online, menjual produk, menjual jasa, dan lain-lain.

PRODUK APA YANG COCOK DIJUAL DI INTERNET?

Semua produk bisa dijual secara online, pisang goreng, singkong goreng, roti, meubeuleir, computer, handphone, camera, buku digital (ebook), majalah online / berita (dalam bentuk digital), audio, video, software, membership, kursus Online, seminar, training online, coaching online, jasa penterjemah, desain web, desain grafis, web script, copywriting, jasa konsultan, penyedia layanan jasa, dan lain-lain. Pokoknya apapun bisa dijual secara online. Bahkan kini, banyak bermuncul website-website ternama seperti olx dulu tokobagus, tokopedia, bukalapak dan lain-lain. Pertanyaannya adalah, mampukah kita sebagai pemula melakukannya seperti mereka yang memiliki kapital luar biasa.

Oleh karena itulah ada produk yang lebih efektif untuk dijual melalui internet oleh para pebisnis online pemula yaitu menjual produk orang lain baik produk fisik maupun produk digital.

Lalu, produk seperti apakah yang harus saya jual?

Sebagai seorang pemula tentu saja harus memilih produk yang mudah dan tidak ribet untuk dijual, tidak merepotkan. Carilah cara bisnis online yang mana anda sebagai pebisnis tidak perlu repot mengurus bisnis itu dengan full time terlebih dulu, tidak direpotkan dengan proses produksi yang berulang-ulang, tidak direpotkan dengan proses pemaketan barang, tidak repot untuk mengirimkan produk tersebut ke pembeli, tidak perlu melayani pasca order dan lain sebagainya. Anda hanya perlu bekerja pada saat membangun bisnis diawal waktu, melakukan maintenance, promosi dan melakukan evaluasi secara rutin. Selebihnya system yang akan menanganinya secara autopilots.

So… mari tentukan bisnis online seperti apa yang akan dijalankan?

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu bisnis online saatnya anda membuat pilihan mengenai bisnis online apa yang akan anda jalankan. Apakah akan menjual produk milik sendiri atau menjual produk orang lain?

Tentu pilihan itu terserah kepada Anda!

Secara garis besar tersedia 2 (dua) pilihan:

  1. Jual produk milik sendiri; atau
  2. Jual produk milik orang lain.

Jual Produk Milik Sendiri

Anda bisa menjual produk milik sendiri baik yang di produksi sendiri atau yang di beli dari orang lain dan menjadi milik sendiri. Produk milik sendiri pun terdapat dua jenis yaitu pertama produk fisik seperti baju, kaos, sepatu, sandal, mukena, makanan, obat herbal dan lain-lain; dan yang kedua adalah produk digital seperti ebook, software, website, desain dan lain-lain.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, menjual produk sendiri ini memerlukan beberapa komponen yang tentu saja harus anda siapkan dan harus anda lakukan, mau tidak mau konsekuensi itu harus dilakukan, komponen tersebut antara lain:

  1. Penyediaan stok produk;
  2. Promosi;
  3. Proses pengepakan dan pengiriman;
  4. Layanan purna jual

Semua komponen tersebut harus Anda lakukan, bila tidak maka proses bisnis online yang anda lakukan sama sekali tidak akan berjalan.

Bila anda memiliki untuk menjalankan bisnis online dengan menjual produk sendiri maka anda harus siap dengan modal untuk membeli stok produk, biaya promosi, menggaji pegawai untuk melakukan proses pembukuan, pengepakan barang dan lain-lain serta melakukan proses layanan purna jual terhadap konsumen anda.

Tentu anda bisa melakukannya sendiri atau bila repot dan memiliki kemampuan untuk menggaji pegawai anda bisa merekrut orang lain untuk menjadi pegawai anda.

Pilihan untuk menjual produk sendiri ini sangat cocok dilakukan oleh anda yang sebelumnya telah memiliki bisnis yang dilakukan secara konvensional seperti anda yang telah memiliki toko baju, toko komputer, toko handphone, toko makanan, jasa layanan desain, website dan lain-lain.

Jika anda punya keahlian atau pengetahuan yang banyak diminati orang, anda bisa menuangkannya ke dalam bentuk buku lalu menjualnya dalam bentuk ebook. Bisnis seperti ini masih cukup trend untuk saat ini.

Banyak sekali orang-orang sukses dengan cara ini, menjual Your Own Product. Mudah dan sangat mudah. Anda bisa menjual apa saja yang anda punya, namun untuk bisnis online buatlah produk yang menarik dalam bentuk digital supaya anda tidak direpotkan dengan shipping dan proses administrasi lainnya.

Yang harus anda lakukan adalah:

  1. Menuliskan IDE dan KREASI anda menjadi sebuah eBook melalui Ms. Word misalnya,

Buatlah sesuatu yang diminati orang lain, misalnya:

  • Membuat “Daftar Nama-Nama Indah Untuk Buah Hati Anda”
  • Membuat Resep Jitu Memancing Ala “……….”
  • Membuat “Kumpulan Resep Masakan Tradisional”
  • Membuat dan Mengumpulkan “Lirik Lagu Populer”
  • Membuat Panduan, Teknik, Tips And Trik
  • Membuat dan Mengumpulkan Kata-Kata Mutiara
  • Membuat Kumpulan Puisi
  • Membuat Cerita Fiksi
  • Dan banyak lagi IDE GILA lainnya,
  1. Menjual hasil kreasi anda melalui internet dengan dengan metode reseller. Anda tidak usah kuatir dan bingung bila anda tidak bisa membuat website reseller, serahkan saja pada ahlinya.
  2. Melakukan promosi dan pemasaran.
  3. Siap menerima aliran rupiah yang akan membanjiri rekening bank anda setiap hari.

Atau bila anda memiliki kemampuan untuk membuat software, tool bisnis online, games, template web, desain logo, desan rumah dan yang lainnya maka segeralah membuat dan tawarkan kepada orang lain melalui internet.

Jual Produk Milik Orang Lain

Dalam jenis bisnis ini anda tidak perlu repot-repot membuat produk sendiri karena yang harus anda lakukan adalah hanyalah mempromosikan produk orang lain kepada dunia dengan harus tanpa direpotkan oleh penyedian stok barang, pengepakan dan pengiriman, layanan purna jual dan lain-lain. Dengan menjual produk orang lain Anda akan diberikan bagi hasil penjualan dengan prosentasi yang beragam Mulai dari 5% hingga 70% dari harga produk, bahkan ada pemilik produk yang memberikan sharing bagi hasil lebih besar. komisi besar biasanya terjadi pada produk-produk non-fisik seperti ebook atau software.

Enaknya dan uniknya dalam menjual produk miliki orang lain itu selain sangat mudah anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun, anda cukup mendaftar dan mempromosikan produk yang dimaksud melalui berbagai cara, baiktu melalui web site anda sendiri atau melalui media sosial dan media lainnya. Pilihlah produk orang lain yang memberikan komisi besar dan yang banyak diminati. Sehingga nilai konversi penghasilan akan semakin besar.

Coba saja hitung, bila seandainya anda menjual sebuah produk yang memiliki keuntungan misalnya 100ribu, setelah anda melakukan promosi ternyata dalam satu hari ada yang membeli produk itu sebanyak 1 orang saja, bisa dibayangkan berapa penghasilan anda perbulannya? Padahal anda hanya melakukan promosi saja dan tidak perlu membuat produk, tidak perlu melakukan pengiriman, tidak perlu melakukan layanan purna jual, tidak perlu melayani komplen dan lain-lain. Anda cukup bekerja mempromosikan produk tersebut, bahkan anda tidak direpotkan dengan proses administrasi yang membosankan.

Jadi bisnis online mana yang akan anda pilih maka semua kembali kembali kepada Anda. Jika anda adalah pemula dalam bisnis online maka pilih cara termudah yang bisa segera anda lakukan detik ini juga untuk segera mulai mendatangkan hasil.

Apapun jenis pilihan bisnisnya yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memasarkan produk tersebut ke segala penjuru dunia, tentu saja bukan dengan cara keliling dunia, tapi memasarkan produk tersebut melalui media internet.

Satu-satunya keahlian yang harus anda miliki untuk menjadi seoarang pebisnis online adalah keahlian Internet Marketing. Lalu, apa itu Internet marketing? Kita akan membahasnya secara pelan-pelan.

Setelah selesai membaca panduan bisnis online ini jangan lupa untuk mengirimkan komentar melalui form komentar yang telah disediakan. Selain berfungsi sebagai tanda bahwa anda pernah berada di halaman ini, ternyata mengirimkan komentar akan lebih mengeratkan tali silaturahim, meningkatkan pengetahuan, menambah teman bahkan bisa mendatangkan rezeqi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top