Home | Informasi | Penentuan Awal Ramadhan 1435 H

Penentuan Awal Ramadhan 1435 H

Penentuan Awal Ramadhan 1435 H – biasanya menjelang ramadhan ummat islam disibukan dengan berbagai kegiatan. Namun yang tak kalah eloknya adalah ramainya penentuan awal ramadhan 1434 H yang di Indonesia selalu terjadi perbedaan antara satu organisasi dan organisasi lainnya.

Penentuan Awal Ramadhan 1435 H

Perbedaan penentuan awal ramadhan 1435 H khususnya janganlah dijadikan sebagai ajang untuk mengklaim mana yang benar atau mana yang lebih benar, tetapi marilah kita ambil hikmah dari perbedaan itu. Janganlah dengan perbedaan, ummat islam menjadi terpecah belah.

Tetapi dengan adanya perbedaan ini marilah ummat islam lebih saling berpegangan tangan menguatkan ukhuwah islamiah supaya bisa terciptanya ummat islam yang satu. Sehingga dalam hal ini Pemerintah perlu berperan lebih aktif lagi sehingga awal ibadah dan hari raya sesama umat bisa disatukan. Hakim L Malasan, dosen astronomi di Jurusan Astronomi, Institut Teknologi Bandung mengatakan yang lebih dibutuhkan adalah kemauan untuk mengubah pandangan dan keterbukaan sehingga awal ibadah puasa dan hari raya Idul Fitri bisa disatukan.

Dalam hal penentuan awal ramadhan 1435 H khususnya, seperti biasanya pemerintah akan menggelar sidang isbat, menurut informasi, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan sidang isbat (penentuan) awal puasa 1 Ramadan 1435 H/2014 M, pada Jumat 27 Juni. Peluang berbedanya awal pelaksanaan puasa masih terbuka.

Memperkirakan Kapan Awal Puasa Ramadhan 2014

Setelah membaca artikel dari website http://isparmo.web.id,  ternyata dalam penentuan awal ramadhan 1435 H kita juga bisa memperkirakan awal puasa ini dengan menggunakan software yang bisa melakukan simulasi peredaran bulan. Ada 2 (dua) software gratisan yang digunakan untuk memperkirakan awal puasa ini,  yaitu Stellarium dan Accurate Time.

I. Cara menggunakan Stellarium untuk memperkirakan awal puasa Ramadhan

  1. Download di http://www.stellarium.org/ dan instal
  2. Buka Stellarium
  3. Klik tombol F6 untuk menentukan lokasi pengamatan bulan (Location), misal di Jakarta, Indonesia
  4. Klik tombol F4 untuk menetukan lingkungan pengamatan (View) –> klik menu Landscape –> klik Ocean
  5. Klik tombol F5 untuk memilih waktu pengamatan (Date and Time) –> pilih tanggal 27 Juni 2014, jam 17:50:00 (waktu menjelang Magrib)
  6. Klik tombol F3 untuk memilih objek Bulan sebagai acuan pengamatan (Find Object or Position) –> Pada kolom Object ketik Moon dan tekan Enter

penentuan awal ramadhan 1435 H

Dari keterangan mengenai posisi bulan pada hari Jumat, 27 Juni 2014, jam 17:50, ketinggian bulan (Altitude, Apparent) pada 0 derajat 9 menit 39 detik. Ini artinya bulan belum biasa dilihat dengan kasat mata (umumnya bulan baru terlihat jika ketinggiannya minimal 2 derajat). Sehingga diperkirakan hari Sabtu 28 Juni 2014 puasa belum dimulai.

II. Cara Menggunakan Accurate Time untuk memperkirakan awal puasa 2014

  1. Download di http://www.icoproject.org/accu_setup.exe
  2. Lakukan instalasi
  3. Jalankan Accurate Time
    Penentuan Awal Ramadhan 1435 H
  4. Klik tombol Location, lalu pilih INDONESIA, Jakarta
  5. Klik tombol Date, klik Do Calculation for one day only. Isikan Year : 2014, Month : 6, Day : 27. Lalu klik OK
  6. Klik tombol Crescent Visibility –> pilih Gregorian Date, Day : 27, Month : 6, Year : 2014. Klik tombol Preview
    penentuan awal ramadhan 1435 H
  7. Klik tombol Calculate
  8. Akan muncul data hasil perhitungan :
    penentuan awal ramadhan 1435 H

G. Moon Altitude : +00 derajat, 37 menit, 37 detik –> kurang dari 2 derajat

* The Crescent Visibility is : Not Visible Even With Optical Aid –> bulan baru tidak dapat dilihat
Jadi diperkirakan hari Sabtu, 28 Juni 2014, puasa 1435 H belum dimulai. Sehingga bisa disimpulkan, perkiraan mulainya Puasa Ramadhan 2014 adalah Minggu, 29 Juni 2014

(Penggunaan software ini bersifat simulasi, sehingga kemungkinan berbeda dengan metode ru’yah – melihat hilal, yang sesungguhnya. Jadi masih perlu dilakukan pengamatan secara langsung untuk menentukan awal mulai puasa)

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Share

One comment

  1. siip…….! makasih infonya…..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top