Home | Informasi | Tata Cara Sholat Dhuha 8 Rakaat

Tata Cara Sholat Dhuha 8 Rakaat

Sudah semua orang mengetahui mengenai Manfaat sholat dhuha baik untuk jasmani maupun rohani, terlebih jika dilakukan setiap hari. Dan tidak akan bertele-tele, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tata cara sholat dhuha 8 rakaat.

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan minimal 2 raka’at hingga 12 raka’at dan waktunya adalah di pagi hari tepatnya sekitar jam 7 pagi hingga sebelum masuk waktu shalat dhuhur. Cara mengerjakan shalat Dhuha ini pun sama seperti mengerjakan Shalat Wajib dengan diawali niat Shalat Dhuha dan di akhiri dengan kalimat Salam.

Walaupun shalat dhuha ini merupakan shalat sunnah yang dengan melaksanakan 2 raka’at saja sudah sah, akan tetapi bila dilakukan lebih banyak rakaat tentu memiliki kelebihan dan keutamaan yang sangat banyak.

Berikut Keutamaan Sholat Dhuha:

“Siapapun yang rutin shalat dhuha, akan diampuni dosanya, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan” (HR. Turmudzi)

“Barangsiapa shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga” (H.R. Tirmiji dan Abu Majah)

“Rasulullah SAW mewasiatkan kepadaku 3 perkara: puasa 3 hari setiap bulan, 2 rakaat shalat dhuha, & shalat witir sblm tidur” (HR. Bukhari Muslim)

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.” (HR. Muslim no. 1176)

“Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

“Wahai anak Adam shalatlah empat rakaat di awal hari, Aku akan lindungi engkau hingga akhirnya.” (HR. Tirmizi, no. 437)

“Tidak ada orang yang memelihara shalat Dhuha, melainkan dia seorang yang kembali, karena dia adalah shalat awwaabin (shalatnya orang-orang yang kembali).” (HR. Ibnu Khuzaimah)

“Siapa yang shalat Fajar berjamaah, kemudian duduk untuk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia shalat dua rakaat, maka baginya bagaikan pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmizi, no. 586)

“Pada diri manusia terdapat 360 persendian. Harus baginya bersedekah untuk setiap dari persendian itu”

Mereka berkata, “Siapakah yang mampu melakukan hal itu wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Dahak yang ada di masjid kau tanam, atau sesuatu (berupa gangguan) di jalan engkau singkirkan. Jika kau tak mampu juga, maka dua rakaat Sholat Dhuha telah mencukupi bagimu”.(HR. Ahmad)

“Barangsiapa yang keluar menuju Sholat Dhuha, sedang tak ada yang membuatnya capek kecuali sholat itu, maka pahalanya laksana pahala orang yang ber-umroh”. (HR. Abu Dawud)

“Sesungguhnya di dalam syurga, ada pintu yang dinamakan pintu DHUHA, maka ketika datang hari kiamat memanggillah (yang memanggil Allah), dimanakah orang yang selalu mengerjakan sembahyang atas Ku dengan sembahyang DHUHA? inilah pintu kamu, maka masuklah kamu ke dalam syurga dengan rahmat Allah”. (HR. Thabrani dari Abu Huraerah).

“Barang siapa yang melaksanakan shalat dhuha 2 rakaat, maka akan ditulis sebagai orang- orang yang tidak lalai dalam mengingat Allah. Barang siapa yang melaksanakan 4 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang suka beribadah. Barang siapa yang melaksanakan 6 rakaat, maka akan dicukupkan ia pada hari tersebut. Barang siapa yang melaksanakan 8 rakaat, akan ditulis sebagai orang- orang yang selalu berbuat taat. Dan barang siapa yang melaksanakan 12 rakaat, maka Allah akan membina baginya mahligai di dalam Surga”. (HR At Thabrani)

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat shalat dhuha, karena dengan shalat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.” (HR Hakim dan Thabrani).

manfaat sholat dhuha

Gambar oleh: RumahZakat https://www.facebook.com/rumahzakatfans/photos/pcb.1301593396523805/1301593036523841/?type=3&theater

Tata Cara Sholat Dhuha 8 Rakaat

Waktu pelaksanaan sholat dhuha dilakukan antara  Jam 07.00 WIB s/d 11.00 WIB. Akan lebih afdol bila mengerjakan sholat sunnah Syukrul Wudlu dan bila dilaksanakan di masjid lakukan terlebih dulu sholat sunnah Tahiyyatul Masjid.

Sholat Dhuha 8 raka’at dengan dua salam (4 raka’at 4 raka’at) tanpa tahiyat/tasyahud awal.

Bacaan surat setelah baca fatihah pada 4 raka’at pertama:

Raka’at 1: Surat Asy Syams
Raka’at 2: Surat Al Lail
Raka’at 3: Surat Ad Dhuha
Raka’at 4: Surat Al Insiroh

Bacaan surat setelah baca fatihah pada 4 raka’at kedua:

Raka’at 1: Surat Asy Dhuha
Raka’at 2: Surat Al Insiroh
Raka’at 3: Surat Ad Kafirun
Raka’at 4: Surat Al Ikhlash

Dengan niat sholat dhuha:
usholli sunnatad dhuha arba’a rok’aati lillahita’ala Allohu Akbar

berbagi itu indah, mulia & menyenangkan
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top